Menu Close

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Keropos?

Setiap orang perlu menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari berbagai risiko seperti sakit gigi. Ada berbagai gejala yang bisa timbul di bagian gigi, salah satunya termasuk gigi keropos. Gigi keropos terjadi karena masalah pada enamel (lapisan paling luar gigi). Kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah pada gigi, salah satunya termasuk gigi sensitif. Jika Anda mengalami gigi keropos, maka cara mengatasi gigi keropos perlu diketahui.

Penyebab gigi keropos adalah lapisan enamel gigi yang rusak atau menipis

Pemahaman Tentang Enamel

Enamel merupakan bagian gigi yang penting untuk dijaga, karena bagian tersebut memiliki cangkang yang keras dimana kegunaannya dapat melindungi gigi dari kebiasaan yang dilakukan manusia sehari-hari seperti menggigit dan mengunyah. Tidak hanya melindungi gigi manusia dari kebiasaan tersebut, enamel juga dapat melindungi gigi manusia dari suhu dan bahan kimia yang berisiko bagi tubuh.

Enamel menutupi mahkota gigi. Bagian tersebut bisa dilihat di luar gusi. Enamel juga merupakan bagian gigi yang tembus pandang sehingga Anda bisa melihat cahaya melalui bagian tersebut. Meskipun dapat memberikan cahaya, dentin (lapisan tengah gigi) dapat menentukan warna gigi manusia. Warnanya bisa putih, kuning, atau coklat.

Sama seperti bagian tubuh lain, enamel juga bisa mengalami kerusakan sehingga dapat menyebabkan gigi keropos. Tidak hanya itu, kerusakan pada enamel juga dapat menyebabkan gigi rusak. Hal tersebut dapat menyebabkan gigi terasa sensitif ketika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin. Sensitivitas terhadap makanan atau minuman bisa terjadi karena kandungan dari makanan atau minuman dapat menembus ke dalam enamel dan mencapai saraf gigi.

Jika enamel bermasalah, bagian tersebut tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, jika kondisi gigi Anda memburuk, Anda sebaiknya temui dokter.

Faktor yang Dapat Menyebabkan Masalah Pada Enamel

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah pada enamel:

  • Makanan dan minuman

Makanan dan minuman yang mengandung asam (dan dikonsumsi secara berlebihan) dapat meningkatkan risiko pada enamel.

  • Penyakit

Penyakit asam lambung (GERD) merupakan penyakit yang tidak hanya menyebabkan masalah pada lambung, namun juga dapat menyebabkan masalah pada enamel.

  • Penggunaan obat

Contoh obat yang dapat menyebabkan masalah pada enamel adalah obat antihistamin.

  • Faktor genetik

Faktor genetik merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan masalah pada enamel. Seseorang yang mengalami masalah pada enamel dapat menurunkan kondisinya ke anak mereka.

  • Faktor lain

Faktor lain seperti stres dapat meningkatkan risiko pada enamel.

Jika Anda Mengalami Kondisi Yang Serius Pada Gigi Anda

Jika Anda mengalami kondisi yang serius pada gigi Anda, Anda sebaiknya temui dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda dapat mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis dan obat yang digunakan (jika ada).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:

  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Berapa lama gejala tersebut terjadi?
  • Apakah Anda mengalami kondisi lain?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter dapat melakukan diagnosis seperti tes pencitraan (dengan menggunakan X-ray).

Cara Mengatasi Gigi Keropos

Cara mengatasi gigi keropos adalah sebagai berikut:

  • Sikat gigi secara rutin (dua kali sehari).
  • Gunakan pasta gigi fluorida.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung asam tinggi.

Kesimpulan

Enamel merupakan bagian penting pada gigi. Jika Anda mengalami masalah pada enamel, Anda bisa mengalami berbagai risiko pada gigi seperti gigi keropos. Cara mengatasi gigi keropos sederhana. Untuk informasi lebih lanjut tentang gigi keropos atau enamel, Anda bisa tanyakan persoalan tersebut ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *