Menu Close

Manfaat dan Bahaya Berhubungan Saat PMS yang Perlu Diketahui

Manfaat dan Bahaya Berhubungan Saat PMS yang Perlu Diketahui

Sebagai seorang wanita, Anda akan mengalami periode PMS sekitar sebulan sekali. Di masa ini, banyak yang bertanya apakah aman untuk berhubungan saat PMS? PMS alias pre-menstrual syndrome adalah perubahan atau gejala-gejala yang dirasakan beberapa waktu sebelum menstruasi tiba. Berhubungan seks saat PMS tidak sama dengan berhubungan seks saat haid. Sebab pada masa PMS ini, darah haid belum keluar.

Berhubungan saat PMS sebenarnya bisa memberikan beberapa manfaat, termasuk meredakan kram. Memang bukan hal yang sering dilakukan, sebagian besar orang pun merasa khawatir untuk berhubungan saat PMS meskipun hal tersebut aman dilakukan.

Lauren Streicher, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi klinis di Fakultas Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern, mengatakan bahwa jika dilihat dari sudut pandang medis, tidak apa-apa melakukan hubungan intim ketika sedang PMS.

Dapatkan seseorang hamil jika berhubungan saat haid?

Meski kemungkinannya kecil, berhubungan intim menjelang haid pada beberapa kasus tetap bisa memicu kehamilan. Maka dari itu akan lebih aman jika Anda menggunakan alat kontrasepsi, selain dapat menghindari kehamilan, alat kontrasepsi juga akan mengurangi terjadinya penularan penyakit menular seksual.

Sebaliknya, untuk Anda yang ingin program hamil, berhubungan seks saat PMS bukanlah waktu terbaik sebagai peluang kehamilan kehamilan. Meski begitu, mencoba tetap tidak ada salahnya.

Manfaat berhubungan seks saat datang bulan

Ternyata berhubungan saat PMS memiliki beberapa manfaat dan keuntungan yang belum banyak orang ketahui. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Meredakan gejala PMS

Ketika seorang wanita sedang memasuki masa PMS yang biasanya dimulai antara 5-11 hari sebelum menstruasi, banyak gejala-gejala yang muncul dan beragam. Gejala tersebut mulai dari kram, jerawat, hingga perubahan suasana hati (mood swings).

Berhubungan saat PMS ternyata dapat membantu meredakan rasa sakit akibat kram yang muncul. Sebab ketika melakukan hubungan intim, tubuh akan melepaskan endorfin, yaitu zat kimia otak yang juga merupakan pereda nyeri alami.

Tidak hanya sampai situ saja, gejala PMS lainnya seperti migrain juga dianggap bisa berkurang setelah melakukan hubungan seks.

  1. Mempercepat datangnya haid

Berhubungan saat haid juga dipercaya mampu membuat haid datang lebih cepat. Namun perlu diingat bahwa hal ini bisa berlaku jika dilakukan 1-2 hari sebelum haid tiba.

Meski penyebab terjadinya hal ini belum banyak diketahui, beberapa ahli berpendapat bahwa hormon pada sperma bisa melunakkan dinding rahim, sehingga proses peluruhan berlangsung lebih cepat dan darah bisa keluar.

  1. Meningkatkan gairah seks

Libido seorang wanita berubah sepanjang siklus menstruasi berkat fluktuasi hormonal yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon estrogen dan testosteron di tubuh. 

Dorongan seks pada wanita meningkat selama ovulasi, yaitu sekitar dua minggu sebelum menstruasi, dan sebagian akan merasa lebih terangsang selama periode menstruasi. Maka dari itu, akan sangat wajar jika Anda merasa sangat bergairah dan ingin melakukan hubungan seks saat PMS.

  1. Aktivitas seks menjadi lebih nikmat

Bagi sebagian wanita, berhubungan saat PMS terasa lebih nikmat karena karena pada masa ini, area intim menjadi lebih sensitif.

Salah satu hal yang menyebabkan hal ini adalah karena pada saat memasuki masa PMS, vagina memproduksi lebih banyak cairan yang dapat menjadi lubrikan atau pelicin untuk masuknya penis, sehingga kenikmatan yang didapatkan dapat terasa lebih maksimal.

Bahaya berhubungan saat menstruasi

Meski berhubungan saat menstruasi memiliki manfaat, namun ternyata ada pula bahaya yang bisa didapatkan ketika melakukan hubungan seks pada periode ini.

Salah satunya adalah ketidaknyamanan bagi wanita untuk berhubungan saat datang bulan karena pada masa ini, banyak perempuan yang merasakan rasa sakit berlebih dan perubahaan mood yang tidak menentu.

Selain itu, pada masa PMS hingga menstruasi, mulut rahim wanita menjadi lebih sensitif dibandingkan sebelumnya sehingga melakukan hubungan seks saat PMS dapat menyebabkan infeksi yang disebabkan dari bakteri yang masuk.

Maka dari itu, perlu diingat dengan menggunakan alat kontrasepsi akan mengurangi resiko berbahaya dari berhubungan intim saat datang bulan hingga meminimalisir kemungkinan kehamilan.

Berhubungan saat haid memiliki manfaat dan bahaya yang mungkin ingin Anda pertimbangkan sebelum melakukannya.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kesuburan wanita dan waktu yang paling baik untuk melakukan hubungan seks dari segi ilmiah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *