Menu Close

Bisakah Pakai Canesten Krim untuk Atasi Gatal-gatal?

Canesten krim merupakan obat salep yang umum digunakan untuk mengatasi beberapa masalah jenis kulit, seperti kutu air, ruam popok, dan juga kurap. Biasanya masalah kulit lebih disebabkan oleh infeksi jamur.

Gatal-gatal juga merupakan masalah kulit yang sering muncul. Namun apakah bisa diatasi Canesten krim?

Penyebab terjadinya gatal di tubuh

Gatal-gatal pada kulit merupakan sensasi yang mengganggu dan tidak nyaman pada kulit yang membuat Anda terpicu untuk menggaruknya. Secara ilmiah kondisi ini disebut pruritus. 

Kulit yang mengalami gatal biasanya berubah warna kemerahan atau sedikit kasar, tergantung dari penyebabnya. Terlalu sering menggaruknya akan menyebabkan kulit di area tersebut menebal dan berisiko berdarah atau terinfeksi.

Beberapa penyebab kulit menjadi gatal antara lain:

1. Masalah kulit, seperti kulit kering, eksim, psoriasis, kurap, panu, dan kutu air karena jamur.

2. Penyakit dalam, gatal bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit seperti penyakit hati, ginjal, anemia, diabetes, tiroid, multiple myeloma, atau limfoma.

3. Kelainan saraf, seperti multiple sclerosis dan herpes zoster

4. Gangguan jiwa, seperti kecemasan, gangguan obsesif-kompulsif, dan depresi.

5. Reaksi alergi dan iritasi, yang disebabkan oleh bahan-bahan pemicu seperti kain wol, bahan kimia, sabun, alat kosmetik, dan bahkan beberapa obat-obatan tertentu.

Manfaat Canesten Krim

Mengatasi jamur pada kulit, panu, kadas atau kurap, kutu air, dan ruam popok, hampir semuanya menimbulkan gejala gatal di bagian yang terinfeksi. Oleh karena itu, Canesten krim dapat digunakan untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh masalah-masalah kulit tersebut.

Tidak hanya masalah kulit, salep ini juga dapat mengatasi iritasi di bagian vagina dan penis yang mengalami thrush atau infeksi jamur.

Bahan aktif yang terdapat di dalam Canesten adalah klotrimazol. Klotrimazol tergolong dalam kelompok obat-obatan yang disebut imidazol dan termasuk bahan antijamur yang dapat melawan penyebab infeksi jamur pada kulit. 

Klotrimazol biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai macam infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, yang bekerja dengan cara membunuh jamur yang tumbuh terlalu cepat dan menyebar sehingga menyebabkan infeksi.

Apabila Anda ingin menggunakan salep ini untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur di kulit, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap klotrimazol. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Bergantung pada infeksi kulit yang Anda alami, pengobatan menggunakan salep Canesten bisa mencapai 4 minggu. Resep dokter mungkin dibutuhkan tergantung masalah dan keparahan dari infeksi.

Cara mengatasi dan mencegah gatal-gatal

Kebanyakan orang mengatasi gatal di kulit dengan melembapkan kulit, menggunakan sabun yang lembut, dan mandi menggunakan air hangat. Beberapa ada juga yang menggunakan krim salep seperti Canesten krim dan obat-obatan anti gatal.

Namun Anda juga bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi sekaligus mencegah agar infeksi kulit yang menyebabkan gejala gatal timbul:

  • Hindari barang-barang atau situasi yang dapat memicu munculnya rasa gatal di kulit Anda, oleh karena itu sangat penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dan menghindarinya (misal pakaian wol, ruangan panas, atau paparan produk pembersih).
  • Gunakan pelembap tiap hari, utamakan yang yang tidak menyebabkan alergi (hipoalergenik) dan bebas parfum setidaknya sekali sehari.
  • Kelola stres atau cemas karena memperburuk rasa gatal, Anda bisa memanfaatkan beberapa metode seperti konseling, terapi perilaku, akupunktur, meditasi, dan yoga.
  • Gunakan humidifier atau pelembap udara yang dapat mengatasi udara kering di rumah atau kamar Anda dan menyebabkan kulit kering.
  • Hindari menggaruk, tutupi area yang gatal dan potong kuku Anda.
  • Mandi dengan air hangat, Anda juga bisa menambah garam, soda kue, atau produk mandi berbahan dasar oatmeal.
  • Gunakan sabun lembut, jangan lewatkan membersihkan bagian lipatan seperti ketiak, siku, dan selangkangan serta sebaiknya aplikasikan perlahan dan jangan terlalu kasar. 
  • Tidur dan istirahat cukup untuk mengurangi risiko gatal pada kulit. 

Selalu jaga kebersihan tubuh untuk menghindari masalah dan penyakit kulit. Dan apabila Anda memutuskan untuk menggunakan Canesten krim untuk mengatasi masalah kulit Anda, minimal pakai selama 2 minggu untuk memastikan infeksi jamur telah teratasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *