Menu Close

Cara Mendaftar Vaksinasi Gotong Royong di Labklinik Kimia Farma Cibubur

Kimia Farma merupakan anak perusahaan Bio Farma yang merupakan induk holding BUMN dalam bidang farmasi. Selain membuka layanan apotek, Kimia Farma juga hadir sebagai laboratorium klinik, sehingga masyarakat bisa mendapatkan fasilitas pelayanan medis yang lebih lengkap. Salah satunya adalah Laboratorium Klinik Kimia Farma Cibubur yang berlokasi di Jatisampurna, Bekasi.

Laboratorium Klinik Kimia Farma Cibubur menyediakan pelayanan berupa pemberian dan penebusan resp obat, dan layanan laboratorium seperti pemeriksaan kesehatan. Terbaru, Labklinik Kimia Farma membuka layanan imunicare untuk pemberian vaksinasi atau imunisasi.

Untuk mempercepat pelaksann pemberian vaksin Covid-19 ke seluruh warga Indonesia dan mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity), menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, serta melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif, Kimia Farma ditunjuk sebagai salah satu Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong. Vaksinasi Gotong Royong yaitu pelaksanaan vaksin secara mandiri dan diperuntukkan bagi perusahaan kepada para karyawannya. 

Untuk melakukan Vaksinasi Gotong Royong, pemilik usaha bisa mengajukan ke Kimia Farma Cibubur atau Klinik Kimia Farma lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Simak artikel berikut untuk mengetahui cara mendaftar Vaksinasi Gotong Royong di Laboratorium Klinik Kimia Farma Cibubur.

Siapa saja yang bisa mendapatkan vaksin gotong royong?

Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong di luar dari program vaksinasi gratis oleh pemerintah. Dilansir dari situs Apotek Kimia Farma, Peraturan Menteri Kesehatan No. 10/2021 mengenai Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, dalam pasal 1 ayat (5) yang menjelaskan bahwa program Vaksinasi Gotong Royong bisa didapatkan oleh karyawan/karyawati, keluarga, atau individu lain yang berkaitan dengan keluarga yang biaya vaksinasinya ditanggung oleh badan hukum atau badan usaha.

Karena berbeda dengan program vaksin gratis yang diadakan pemerintah, maka jenis vaksin Covid-19 yang digunakan dalam program tersebut juga berbeda dengan jenis vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi gratis dari Pemerintah. Hal ini juga dijelaskan dalam  pasal 7 ayat (4). 

Namun vaksin Covid-19 yang digunakan untuk program Vaksinasi Gotong Royong tetap harus mendapatkan persetujuan penggunaan pada masa darurat (Emergency Use Authorization/EUA), atau penerbitan nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Mekanisme program Vaksin Gotong Royong

Untuk pelaksanaan Vaksin Gotong Royong, perusahaan akan menanggung seluruh biaya vaksinasi bagi karyawannya. Cara pelaksanaannya bisa dilakukan dengan beberapa opsi. Pertama, dengan mengisi formulis pendaftaran Vaksinasi Gotong Royong di https://kimiafarmaapotek.co.id/layanan/vaksinasigotongroyong. 

Kedua, dengan menggunakan aplikasi Kimia Farma Mobile. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan sistem P-Care BPJS Kesehatan dan sistem BUMN Farmasi. Sistem tersebut akan membantu proses pendaftaran badan hukum atau badan usaha serta peserta vaksinasi. Selain itu juga akan mengatur antrian, record data peserta per batch vaksin, pengeluaran sertifikat vaksinasi melalui pedulilindungi.id, jaminan mutu vaksin berkualitas terbaik, serta tahapan penting lainnya. Melakukan pendaftaran di aplikasi pastinya jauh lebih mudah, praktis, dan fleksibel.

Anda juga bisa mengunjungi situs Laboratorium Klinik Kimia Farma untuk mengetahui pemeriksaan status Vaksinasi Gotong Royong dan pengunduhan Kartu Vaksinasi Gotong Royong. 

CatatanUntuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Vaksinasi Gotong Royong di Kimia Farma Cibubur, Anda bisa langsung mengunjungi Laboratorium Klinik Kimia Farma Cibubur di Jalan Alternatif Cibubur, Ruko CityWalk III Citra Gran, Jatikarya Kec. Jatisampurna, RT.005/RW.011, Jatikarya, Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat 17435, atau bisa juga menghubungi Call Center Bio Care di nomor 1500810.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *