Menu Close

Apa Penyebab Kaki Panjang Sebelah?

Tahukah Anda Apa Saja yang Jadi Penyebab Kaki Panjang Sebelah?

Meskipun kaki panjang sebelah memang jarang terjadi, namun sangat mungkin kaki seseorang memiliki panjang yang berbeda. Terdapat kelainan bagi seseorang yang terlahir dari kondisi tersebut, namun sulit untuk dideteksi hingga mereka tua.

Namun, tidak sedikit juga yang mengalami masalah ini. Hal ini terjadi karena terdapat beberapa kejadian yang membuat kaki mereka terhambat atau tumbuh tidak merata.

Penyebab kaki panjang sebelah memang banyak faktor yang memengaruhinya. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui lebih dalam mengenai apa saja penyebab kaki panjang sebelah ini.

  1. Cedera Tulang

Penyebab kaki panjang sebelah yang pertama adalah adanya cedera tulang. Sebuah patah kaki dapat berakhir berkembang dalam arah yang berbeda, terutama jika itu pecah di beberapa bagian atau jika jaringan otot yang dirugikan. Menariknya, patah tulang tidak selalu membuat tulang terhambat, ada kalanya proses penyembuhan membuat tulang tumbuh besar secara tidak normal.

  1. Cedera saat Olahraga

Penyebab kaki panjang sebelah yang berikutnya adalah mengalami cedera saat olahraga. Anak-anak dapat mengambil risiko terhambatnya pertumbuhan anggota tubuh mereka saat berolahraga, karena mereka memiliki pelat pertumbuhan yang menjadi tulang kokoh begitu mereka mencapai usia dewasa. Olahraga kontak, seperti sepak bola atau sepak bola dan permainan rekreasi sederhana seperti skateboard dan ski, sangat berisiko.

  1. Penggunaan Anggota Tubuh yang Berlebihan

Di saat berolahraga, terlalu sering menggunakan lengan dan kaki dapat membuat tungkai Anda menjadi stres kronis. Melakukan ini dengan tangan Anda dapat menyebabkan sesuatu yang dikenal sebagai “Little League Shoulder”. Ingatlah, olahraga tidak buruk, namun hindari olahraga yang sifatnya berlebihan.

  1. Terjatuh

Penyebab kaki panjang sebelah juga dapat dialami saat seseorang terjatuh. Kecelakaan umum, seperti jatuh atau tabrakan, dapat berdampak pada tulang dengan berbagai cara dan trauma tersebut terutama dapat melukai pelat pertumbuhan tulang pada anak-anak. Kecelakaan juga dapat melukai sumsum tulang belakang seseorang, yang dengan sendirinya dapat menyebabkan keropos tulang yang parah.

  1. Aktivitas Berisiko

Banyak aktivitas masa kanak-kanak yang umum, bahkan hal-hal seperti melompat di atas karet atau  trampolin. Kegiatan ini bisa lebih berisiko daripada yang disadari orang. Permainan trampolin dikenal menyebabkan jatuh, patah tulang, dan bahkan cedera tulang belakang yang serius. Selalu pastikan aktivitas anak Anda aman dan terpantau dengan baik.

  1. Postur Tubuh yang Tidak Rata

Anda mungkin pernah mendengar bahwa postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan kaki Anda tidak rata, tetapi hanya pada penampilan. Terlepas dari kepercayaan populer, postur tubuh yang tidak rata hanya dapat menyebabkan skoliosis postural, yang sebenarnya tidak melukai atau mengubah bentuk tulang seseorang, dan sepenuhnya dapat diperbaiki dengan latihan dan olahraga yang tepat.

  1. Penyakit

Terdapat banyak kondisi dan penyakit yang memengaruhi pertumbuhan tulang seperti tumor yang dapat tumbuh di lempeng tulang atau pertumbuhan tulang rawan di tulang. Bahkan penyakit yang memengaruhi sistem saraf dapat menghambat pertumbuhan tulang.

Kondisi ini biasanya terdeteksi oleh orang tua saat memerhatikan anak berjalan. Jika si Kecil mengalami masalah dengan cara berjalannya, maka orang tua patut curiga akan kemungkinan anak mengalami kaki panjang sebelah.

Kondisi ini juga mungkin akan terdeteksi saat anak masuk sekolah dan menjalani pemeriksaan skoliosis. Namun pahamilah bahwa tidak ada kaitan sebab akibat antara kaki panjang sebelah dan skoliosis.

Kunjungilah dokter jika anak mengalami kondisi kaki panjang sebelah. Apalagi jika perbedaan panjang kedua kaki terhitung besar sebab bisa menyebabkan nyeri pinggul dan sakit punggung. Dokter akan mendiagosis kondisi ini dengan akurat sehingga pasien mendapatkan perawatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *