Menu Close

Khasiat Breathy Tetes Hidung Atasi Gejala Pilek

Pilek pada bayi biasanya disebabkan karena infeksi virus, yang dapat menyebar melalui kontak kulit ke kulit, transmisi tetesan dari batuk atau bersin, serta kontak dengan benda yang telah terkontaminasi. Bayi jauh lebih rentan terkena pilek daripada orang dewasa. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh pada bayi belum berkembang. Anda bisa meredakan pilek pada bayi salah satunya dengan menjaga kelembapan hidung menggunakan Breathy Tetes Hidung.

Gejala Pilek pada Bayi

Hidung yang mampet dan berair merupakan petunjuk pertama bahwa bayi Anda terkena flu atau pilek. Kotoran hidung bayi mungkin pada awalnya tipis dan bening, tetapi kotoran hidung ini bisa berubah menjadi lebih tebal dan berwarna hijau kekuningan selama beberapa hari.

Gejala pilek lainnya pada bayi termasuk:

  • cerewet atau rewel
  • demam
  • batuk terutama pada malam hari
  • sering bersin
  • nafsu makan berkurang
  • kesulitan untuk menyusu atau minum susu dari botol karena hidung tersumbat
  • sulit untuk tidur

Pilek mempunyai beberapa gejala yang mirip dengan gejala dari penyakit lain seperti flu dan pneumonia. Oleh karena itu, jika pilek pada bayi tidak segera reda maka orang tua harus segera berkonsultasi ke dokter agar bayi mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Pengobatan untuk Meredakan Pilek pada Bayi

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) tidak menganjurkan memberikan obat batuk dan pilek yang dijual bebas (OTC) kepada anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun. Obat batuk dan pilek yang dijual bebas in tidak dapat mengobati penyebab yang mendasari kondisi pilek pada bayi. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan pengobatan rumahan sebagai berikut.

Mengonsumsi Banyak Cairan

Konsumsi cairan yang cukup sangat penting untuk menghindari dehidrasi. Doronglah bayi Anda untuk tetap minum dalam jumlah seperti biasanya. ASI dapat menawarkan perlindungan ekstra dari bakteri penyebab flu.

Hisap Hidung Bayi

Anda bisa menjaga agar saluran hidung bayi tetap bersih dengan menggunakan jarum suntik karet atau bulb syringe. 

Gunakan Humidifier

Anda dapat menggunakan humidifier yang berfungsi untuk menjaga kelembapan udara di kamar bayi Anda dan meredakan hidung tersumbat. Gantilah air setiap hari dan ikuti petunjuk penggunaan humidifier tersebut saat membersihkan alat humidifier.

Kurangi Lendir

Dokter dapat merekomendasikan untuk menggunakan obat tetes hidung untuk melonggarkan lendir hidung yang kental. Anda bisa mencari obat tetes hidung over-the-counter (OTC) seperti Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop di apotek sekitar Anda.

Khasiat Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop Atasi Pilek pada Bayi

Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop merupakan obat tetes hidung OTC yang dipercaya dapat meredakan peradangan dengan cara menjaga kelembapan rongga hidung bayi dan anak, yang menjadi kering karena pilek atau alergi. Breathy Tetes Hidung dapat membuat kelembapan rongga hidung bayi yang sebelumnya kering menjadi normal kembali. Selain itu, Breathy Tetes Hidung dapat mengatasi pendarahan hidung dan iritasi hidung lainnya.

Breathy Tetes Hidung mengandung natrium klorida sebanyak 6,5 mg dan dapat digunakan untuk anak dan bayi berusia kurang dari 1 bulan dengan meneteskan 1-2 tetes di setiap lubang hidung. 

Meski bermanfaat untuk menjaga kelembapan dalam rongga hidung bayi, Breathy Tetes Hidung dapat menimbulkan efek samping yaitu ruam, gatal, bengkak (terutama pada wajah, lidah atau tenggorokan), pusing yang hebat dan kesulitan bernapas. Anda juga harus mengetahui bahwa obat Breathy Tetes Hidung yang telah digunakan untuk 1 bayi tidak dapat digunakan untuk bayi lain untuk mencegah penyebaran infeksi. Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 45.600 untuk ukuran 30 mL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *