Menu Close

Layanan Unggulan dan Terbaik di RS Dharmais

rs dharmais

RS Dharmais adalah rumah sakit khusus kanker yang menjadi rujukan utama di Indonesia. Banyak pasien, tak hanya yang memiliki penyakit kanker, berobat dan mendapatkan perawatan di rumah sakit ini.

Didirikan sejak tahun 1988, RS Dharmais kini menjadi Pusat Kanker Nasional dengan berbagai macam layanan unggulannya. Bahkan, tidak hanya digunakan untuk menangani kanker saja, namun juga berbagai macam penyakit penyerta lainnya.

Layanan unggulan RS Dharmais

Ada beberapa layanan unggulan dari RS Dharmais yang bisa didapatkan pasien, antara lain:

1. Laboratorium Terpadu

Sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di bidang kanker, RS Dharmais menyediakan pelayanan Diagnostik Molekuler Terpadu yang meliputi laboratorium Patologi Klinik untuk layanan HIV dan kanker (khususnya hematologi) yang telah dilengkapi dengan teknologi terkini seperti Automatic Karyotyping System.

Pelayanan laboratorium disesuaikan dengan terapi personalisasi, baik target terapi maupun imunoterapi pada kanker melalui alat secara robotik maupun manual dengan tingkat akurasi dan presisi yang tinggi. Sedangkan pelayanan Radiologi terdiri dari diagnostik, kedokteran nuklir dan intervensi, seperti Pet CT Scan dan Angiografi dengan pelayanan ruang Isolasi Radioaktif. 

2. Stem cell Transplantation

Tindakan transplantasi sel punca baik bone marrow (sumsum tulang) maupun darah periferal (peripheral blood) biasanya dilakukan sebagai penanganan pada pasien kanker darah seperti leukemia dan limfoma. Tindakan ini memiliki angka sembuh yang cukup tinggi.

RS Dharmais menyediakan layanan transplantasi sel punca atau stem cell ditunjang dengan peralatan yang mutakhir seperti Ruang Isolasi Imunitas Menurun (RIIM), mesin apheresis, Laboratorium Kriopreservasi, Laboratorium Patologi Klinik dan alat Iradiasi darah.

3. Minimal Invasive Surgery

Minimal invasive surgery atau operasi bedah yang dilakukan dengan instrumen khusus sehingga hanya menghasilkan luka atau sayatan yang kecil (minimal). Teknik ini sudah menggantikan bedah konvensional yang memiliki sayatan lebih besar pada penyakit tertentu dan banyak digunakan pada penanganan kanker di RS Dharmais.

Teknik operasi yang lebih dikenal dengan laparoskopi ini memberikan risiko dan nyeri yang lebih kecil, waktu rawat yang lebih singkat, serta komplikasi yang lebih rendah. Laparoskopi memasukkan selang dengan kamera dan lampu melalui sayatan kecil agar dokter dapat melihat kondisi organ secara langsung. 

4. Microsurgery, supermicrosurgery lymphatic venous surgery ultra radical surgery

Microsurgery di RS Dharmais digunakan sebagai penanganan limfedema. Limfedema merupakan pengumpulan cairan limfe di jaringan tubuh akibat tidak berfungsinya kelenjar limfe yang disebabkan baik karena bawaan atau pengangkatan kanker.

Penanganan kanker seperti radiasi dan kemoterapi bisa menyebabkan kondisi ini pada pasien kanker, misalnya pasien kanker payudara setelah pengangkatan kelenjar di ketiak mengalami pembengkakan. 

Sehingga, operasi bedah mikro atau supermicrosurgery ini digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada tubuh pasien sehingga dapat kembali beraktivitas seperti biasa dan diharapkan tidak perlu melakukan balut tekan atau compression therapy. Supermicrosurgery di RS Kanker Dharmais menggunakan teknik sayatan kecil pada pembuluh darah.

5. Cancer Wound Care

Ruang Perawatan Luka dan Stoma adalah bagian dari unit Poliklinik Onkologi yang khusus menangani luka kanker. Luka kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *