Menu Close

Inilah Makanan Penambah Hormon Testosteron yang Dapat Dicoba

makanan penambah hormon testosteron

Makanan penambah hormon testosteron dapat dikonsumsi oleh para pria agar terhindar dari kondisi kadar hormon testosteron yang terlalu rendah atau hipogonadisme. Jika hormon testosteron rendah, dikhawatirkan akan menimbulkan kemandulan atau tidak mampu memiliki keturunan.

Selain itu, hormon testosteron juga bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan tulang dan otot, produksi sperma, dan pertumbuhan rambut. Hal ini karena keseimbangan hormon secara keseluruhan penting untuk mengelola kadar testosteron. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang dan padat nutrisi.

Anda juga disarankan untuk selalu memperhatikan total asupan makanan yang mengandung hormon atau nutrisi peniru hormon, seperti fitoestrogen, untuk mencapai peningkatan kadar testosteron.

Seiring dengan rekomendasi dokter Anda, Anda juga dapat mempertimbangkan makanan penambah hormon testosteron potensial sebagai pelengkap alami untuk pengobatan hormon testosteron yang rendah.

Dua nutrisi yang sangat penting untuk diet Anda adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dan seng, yang keduanya merupakan prekursor untuk membuat testosteron. Berikut beberapa makanan penambah hormon testosteron yang dapat Anda coba.

1. Tuna

Tuna merupakan bahan makanan bergizi yang kaya akan vitamin D, yang telah dikaitkan dengan manfaat seperti umur yang lebih panjang dan meningkatkan produksi testosteron. Tuna juga merupakan makanan yang sehat untuk jantung, kaya protein dan rendah kalori. Jika Anda bukan penggemar tuna, Anda masih bisa mendapatkan vitamin D lainnya seperti salmon atau sarden.

2. Susu Rendah Lemak 

Susu rendah lemak merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Anak-anak dan wanita juga dianjurkan untuk minum susu untuk menjaga kesehatan tulang yang lebih baik. Selain itu, susu juga dapat menjaga tulang pria tetap kuat. Kandungan vitamin D juga dapat menjaga kadar testosteron tetap terkendali.

3. Sereal yang Diperkaya

Jika Anda harus memperhatikan kadar kolesterol darah Anda, Anda bisa mengonsumsi makanan sereal yang diperkaya. Merek sereal tertentu ada yang telah diperkaya dengan vitamin D, dan diklaim mengandung nutrisi yang sehat untuk menjaga jantung. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memasukkan sereal yang diperkaya ke dalam rutinitas sarapan Anda untuk memulai hari Anda dan meningkatkan kadar testosteron Anda.

4. Tiram

Seng adalah nutrisi penting selama masa pubertas, dan efeknya dapat menjaga hormon pria tetap terkendali sepanjang masa dewasa. Pria yang memiliki hormon testosteron yang rendah akan mendapat khasiat dari asupan makanan mengandung seng. Salah satu makanan yang mengandung seng adalah tiram.

6. Makanan Laut

Konsumsi kepiting atau lobster sesekali juga dapat membantu meningkatkan kadar testosteron Anda. Hal ini karena makanan laut tersebut mengandung seng yang dapat digunakan untuk meningkatkan hormon testosteron. 

7. Daging Sapi

Konsumsi beberapa potongan daging sapi memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan testosteron. Hati sapi adalah sumber vitamin D yang luar biasa, sedangkan daging giling dan daging panggang mengandung seng. Untuk menjaga tubuh dari kandungan lemak hewani, pilih hanya potongan daging sapi tanpa lemak dan hindari memakannya setiap hari.

8. Kacang

Dalam hal kesehatan hormon pria, kacang bisa menawarkan lebih banyak manfaat daripada yang Anda pikirkan. Banyak kacang-kacangan, seperti buncis, lentil, dan kacang panggang, semuanya dianggap sebagai sumber seng yang baik sehingga dapat digunakan untuk makanan penambah hormon testosteron. Selain itu, kacang juga mengandung serat dan protein nabati yang dapat melindungi kesehatan jantung Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *