Menu Close

Mengapa Kelopak Mata Tiba Tiba Bengkak Setelah Menangis?

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa mata tiba tiba bengkak akibat menangis terlalu lama? Kendati tidak berbahaya, tetapi kondisi ini dianggap mengganggu. Seseorang yang matanya bengkak setelah menangis, biasanya baru akan berangsur pulih setidaknya dalam kurun waktu 24 sampai 48 jam. 

Penyebab mata tiba tiba bengkak setelah menangis, ternyata disebabkan oleh air mata itu sendiri. Air mata memang pada dasarnya adalah air yang dihasilkan oleh kelenjar air mata (kelenjar lakrimalis). Namun, air mata itu sendiri ada 3 bentuk, yaitu:

  • Air mata basal, yang selalu diproduksi agar mata tidak kering;
  • Air mata refleks yang biasanya dihasilkan ketika mata kelilipan benda asing atau debu dari luar;
  • Air mata emosional, yaitu air mata yang dihasilkan akibat adanya rangsangan emosi. 
Kelopak mata bengkak gejala yang timbul berupa mata selalu berair, merah dan rasa sakit pada kelopak mata.

Biasanya yang membuat mata bengkak setelah menangis adalah jenis air mata emosi. Air mata yang disebabkan oleh emosi akan dihasilkan dalam jumlah yang banyak dan keluar terus-menerus. Kemudian, jaringan kulit di sekitar mata akan menyerap air mata tersebut dan akhirnya terjadi penumpukan air di area mata. Maka dari itu, seakan mata tiba tiba bengkak.

Sementara itu, respons otak juga memengaruhi hal ini. Luapan emosi yang kamu rasakan saat menangis akan membuat otak meningkatkan aliran darah ke wajah. Hal ini yang membuat mata akan terlihat semakin membengkak. Pada jenis air mata ini, kandungan garamnya lebih sedikit daripada air mata yang lain. 

Kemudian, mata tiba tiba bengkak setelah menangis juga dipengaruhi oleh air mata yang terdapat kandungan hormon stres, seperti adrenocorticotropic hormone (ACTH). Mata tiba tiba bengkak setelah menangis juga bisa diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil di mata dan kelopak mata, terutama jika tangisan berlangsung lama. 

Terakhir, mata tiba tiba bengkak setelah menangis bisa dipicu oleh retensi cairan. Dalam perkembangannya, retensi cairan ini mengakibatkan adanya peningkatan aliran darah ke daerah di sekitar mata.

Mata yang bengkak setelah menangis bisa dipercepat waktu pemulihannya. Beberapa upaya di bawah ini bisa kamu coba jika ingin segera terlihat ceria kembali:

  1. Kompres es atau air dingin 

Obat rumah yang paling efektif untuk mengobati mata tiba tiba bengkak setelah menangis semalaman adalah kompres dengan air dingin. Suhu air dingin ini akan membantu mengencangkan kulit di sekitar mata dan juga mengendurkan pembuluh darah. 

Caranya, taruh beberapa es batu di handuk dan bungkus. Letakkan di kedua mata selama beberapa detik atau kamu bisa membasahi kain bersih dengan air dingin dan menahannya di mata selama beberapa detik.

  1. Tidur dengan meninggikan kepala

Cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang satu ini bisa kamu lakukan jika memiliki waktu luang. Caranya adalah dengan tidur, tapi dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Selain mengurangi mata bengkak, cara ini juga mungkin kamu butuhkan untuk menenangkan hati.

  1. Kompres dengan kantung teh 

Teh hitam mengandung tanin yang dapat menembus kulit, memperbaiki sirkulasi darah, dan meredakan pembengkakan. Jadi, setelah minum teh gunakan kantungnya. Basahi dua kantung teh dan dinginkan selama 20 menit. Kemudian letakkan di mata selama 10 hingga 15 menit.

  1. Kompres dengan mentimun 

Irisan mentimun juga bisa digunakan untuk membantu meredakan mata yang bengkak. Mentimun mengandung astringent yang membantu mengecilkan kantung mata sekaligus memiliki sifat menghidrasi dan bergizi sehingga bermanfaat bagi mata dalam banyak hal. Termasuk mengatasi mata tiba tiba bengkak akibat menangis.

Menyembuhkan mata tiba tiba bengkak akibat menangis tidaklah sulit. Kamu dapat melakukan tips yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, usahakan untuk minum banyak air putih, untuk menghindari dehidrasi akibat menangis berlebih. Jangan lupa pula untuk mendapat waktu tidur yang berkualitas dengan baik. Di akhir, jangan lupa perbaiki dan tata kembali hatimu, ya. Sebab, itulah hal terpenting yang harus dilakukan setelah menangis sepanjang malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *