Menu Close

Minyak Telon Cap Lang dan Obati Kembung Bayi

Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh bayi, bahkan sejak baru lahir, adalah perut kembung. Ini terjadi ketika gas memenuhi perut bayi hingga membuatnya menjadi sangat tidak nyaman. Untuk menghindari kondisi ini terjadi, penggunaan minyak telon Cap Lang telah dipercaya para ibu Indonesia sejak dahulu. 

Perut kembung memang bisa akan sangat merepotkan Anda dan membuat bayi menjadi super gelisah. Si kecil bisa menangis seharian karena perutnya terasa sakit. Biasanya, tanda-tanda dari perut kembung bayi adalah perutnya yang mengeras. Karena ketidaknyamanan ini, bayi juga akan sering melengkungkan punggungnya dan menaikkan kakinya. 

Jika bayi Anda didapati memiliki gejala perut kembung, segera atasi. Tidak harus selalu ke dokter, pasalnya perut kembung juga bisa diobati dari rumah dengan teknik tertentu ataupun dengan bantuan minyak telon Cap Lang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba ke bayi Anda untuk segera menurunkan kadar gas dalam perutnya agar kondisi perut kembung bisa segera hilang. 

Tegakkan Kepala Bayi 

Cara termudah untuk mengeluarkan gas dari perut bayi yang kembung adalah meninggikan posisi kepala daripada badannya. Anda bisa menggendong si kecil dengan menegakkan kepalanya. Ini akan memancing si kecil untuk bersendawa sehingga gas dalam perut yang membuat tidak nyaman dapat keluar. 

Gendong Menghadap Bawah 

Masih dengan cara menggendong, upaya mengeluarkan gas dari perut bayi bisa dilakukan dengan mengubah cara menggendong Anda dengan menghadapkan kepala bayi ke bawah. Anda cukup menggendong bayi di lengan, seperti biasa. Perbedaannya, kepala bayi dihadapkan ke lantai. Anda bisa sedikit mendukung kepala bayi dengan mengangkat sedikit dagunya sehingga jalan napasnya tidak terhalang. 

Pijat Lembut Perutnya 

Memijat perut bayi terkenal efektif untuk meredakan perut kembung. Anda bisa menggunakan minyak telon Cap Lang yang hangat untuk membuatnya lebih nyaman dan membuat kulit terlumasi dengan baik sehingga tidak sakit ketika dipijat. Cara pijat yang dianjurkan untuk meredakan perut kembung adalah melakukan gerakan memutar searah jarum jam di sekitar area perut bayi. Jangan lupa, sedikit tekan perut bayi agar gasnya lebih mudah keluar. 

Lakukan Gerakan Sepeda 

Cara ini juga terbilang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan bayi, mulai dari perut kembung sampai sembelit. Anda cukup membaringkan bayi secara telentang. Kemudian, angkat dan tekuk lutut bayi. Mulailah menggerakkan kaki bayi seperti gerakan mengayuh sepeda untuk mengeluarkan gas yang terperangkap di perut. 

Berikan Tummy Time 

Tummy time atau waktu tengkurap bagi bayi bukan hanya mendukung tumbuh kembangnya agar optimal. Tummy time nyatanya juga bisa dijadikan alternatif untuk menangani masalah perut kembung si kecil. Soalnya, posisi ini memperkuat otot-otot tubuh bagian atas mereka dan mendorong mereka untuk mengangkat kepala mereka. Ini dapat membebaskan gas yang terperangkap, sekaligus membantu meningkatkan perkembangan otot yang sehat.

Ajak Bayi Berkendara 

Anda mungkin bakal dibuat pusing oleh tangisan bayi yang kencang karena tidak nyaman dengan perut kembungnya. Anda bisa menenangkan bayi dengan mengajaknya jalan-jalan memakai kendaraan bermotor. Goyangan lembut ketika kendaraan berjalan akan mengurangi rasa sakit dan membuatnya lebih tenang. Ini juga akan membuat gas yang terperangkap lebih mudah keluar. 

Pertimbangkan Suplemen Probiotik

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan, bayi dengan kolik atau kembung parah dapat menjadi lebih baik dengan suplemen probiotik. Namun memang, penggunaan suplemen probiotik sebaiknya diberikan kepada bayi yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI. 

*** 

Jika perut kembung si kecil sudah membaik, kini saatnya Anda mulai lebih gencar agar kondisi tersebut tidak terulang kembali. Selalu menghangatkan bayi menggunakan minyak telon Cap Lang dan mencoba menukar peralatan makan dan minumannya dengan model yang lebih anti kolik bisa menjadi pilihan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *