Menu Close

Seperti Apa itu Serangan Panik, Beserta Gejalanya

Seperti Apa itu Serangan Panik, Beserta Gejalanya

Gangguan panik terjadi ketika Anda mengalami serangan panik tak terduga yang berulang. DSM-5 mendefinisikan panic attack disorder sebagai gelombang tiba-tiba ketakutan atau ketidaknyamanan yang memuncak dalam beberapa menit. Orang dengan gangguan ini hidup dalam ketakutan akan gangguan kepanikan. Anda mungkin mengalami hal itu ketika tiba-tiba merasakan teror luar biasa yang tidak memiliki penyebab yang jelas. Anda mungkin mengalami gejala fisik, seperti jantung berdebar kencang, kesulitan bernapas, dan berkeringat.

Kebanyakan orang mengalami panic attack disorder sekali atau dua kali dalam hidup mereka. American Psychological Association melaporkan bahwa 1 dari setiap 75 orang mungkin mengalami gangguan panik. Gangguan panik ditandai dengan rasa takut yang terus-menerus untuk mengalami kepanik lain setelah Anda mengalami setidaknya satu bulan atau lebih kekhawatiran yang terus-menerus atau kekhawatiran tentang hal itu tambahan yang berulang.

Meskipun gejala gangguan ini bisa sangat luar biasa dan menakutkan, mereka dapat dikelola dan diperbaiki dengan pengobatan. Mencari pengobatan adalah bagian terpenting untuk mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Apa saja gejala gangguan serangan panik?

Gejala gangguan panik sering mulai muncul pada remaja dan dewasa muda di bawah usia 25 tahun. Jika Anda pernah mengalami empat kali atau lebih terkait gangguan tersebut, atau Anda hidup dalam ketakutan akan mengalami kepanikan lagi setelah mengalaminya, Anda mungkin mengalami gangguan panik.

Panic attack disorder menghasilkan ketakutan hebat yang dimulai secara tiba-tiba, seringkali tanpa peringatan. Serangan biasanya berlangsung selama 10 sampai 20 menit, tetapi dalam kasus yang ekstrim, gejala dapat berlangsung selama lebih dari satu jam. Pengalamannya berbeda untuk setiap orang, dan gejalanya sering berbeda.

Gejala umum yang terkait dengan hal itu meliputi:

  • balap detak jantung atau palpitasi
  • sesak napas
  • merasa seperti Anda tersedak
  • pusing (vertigo)
  • pusing
  • mual
  • berkeringat atau kedinginan
  • gemetar atau gemetar
  • perubahan kondisi mental, termasuk perasaan derealisasi (perasaan tidak nyata) atau depersonalisasi (terlepas dari diri sendiri)
  • mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki Anda
  • nyeri dada atau sesak
  • takut kamu mati

Gejala gangguan kepanikan sering terjadi tanpa alasan yang jelas. Biasanya, gejalanya tidak sebanding dengan tingkat bahaya yang ada di lingkungan. Karena serangan ini tidak dapat diprediksi, mereka dapat secara signifikan memengaruhi fungsi Anda.

Takut akan serangan panik atau mengingat hal itu dapat menyebabkan serangan lain.

Apa yang menyebabkan gangguan serangan panik?

Penyebab gangguan panik tidak dipahami dengan jelas. Penelitian telah menunjukkan bahwa gangguan panik mungkin terkait secara genetik. Gangguan panik juga dikaitkan dengan transisi signifikan yang terjadi dalam kehidupan. Berangkat ke perguruan tinggi, menikah, atau memiliki anak pertama adalah transisi kehidupan utama yang dapat menciptakan stres dan mengarah pada perkembangan gangguan panik.

Siapa yang berisiko mengalami gangguan serangan panik?

Meskipun penyebab gangguan panik tidak dipahami dengan jelas, informasi tentang penyakit ini menunjukkan bahwa kelompok tertentu lebih mungkin mengembangkan gangguan tersebut. Secara khusus, wanita dua kali lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengembangkan kondisi tersebut, menurut National Institute of Mental Health.

Meskipun penyebab gangguan panik tidak dipahami dengan jelas, informasi tentang penyakit ini menunjukkan bahwa kelompok tertentu lebih mungkin mengembangkan gangguan tersebut. Secara khusus, wanita dua kali lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengembangkan kondisi tersebut, menurut National Institute of Mental Health.

Bagaimana gangguan serangan panik didiagnosis?

Jika Anda mengalami gejala panic attack disorder, Anda dapat mencari perawatan medis darurat. Kebanyakan orang yang mengalami gangguan kepanikan untuk pertama kalinya percaya bahwa mereka mengalami serangan jantung.

Saat berada di unit gawat darurat, penyedia layanan darurat akan melakukan beberapa tes untuk melihat apakah gejala Anda disebabkan oleh serangan jantung. Mereka mungkin menjalankan tes darah untuk menyingkirkan kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala serupa, atau elektrokardiogram (EKG) untuk memeriksa fungsi jantung. Jika tidak ada dasar darurat untuk gejala Anda, Anda akan dirujuk kembali ke penyedia perawatan primer Anda.

Penyedia perawatan primer Anda mungkin melakukan pemeriksaan kesehatan mental dan menanyakan gejala Anda. Semua gangguan medis lainnya akan dikesampingkan sebelum penyedia perawatan primer Anda membuat diagnosis gangguan panik.

Apa risiko jangka panjangnya?

Gangguan panik seringkali merupakan kondisi kronis (jangka panjang) yang sulit diobati. Beberapa orang dengan gangguan ini tidak merespon dengan baik terhadap pengobatan. Orang lain mungkin mengalami periode ketika mereka tidak memiliki gejala dan periode ketika gejala mereka cukup intens. Kebanyakan orang dengan gangguan panik akan mengalami beberapa pengurangan gejala melalui pengobatan.

Bagaimana gangguan panik dapat dicegah?

Mungkin tidak mungkin untuk mencegah serangan panik. Namun, Anda dapat bekerja untuk mengurangi gejala Anda dengan menghindari alkohol dan stimulan seperti kafein serta obat-obatan terlarang. Hal ini juga membantu untuk memperhatikan jika Anda mengalami gejala kecemasan setelah peristiwa kehidupan yang menyedihkan. Jika Anda terganggu oleh sesuatu yang Anda alami atau terpapar, diskusikan situasinya dengan penyedia perawatan primer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *