Menu Close

Skincare Avoskin Retinol untuk Kulit, Aman atau Tidak?

Beberapa produk skincare menggunakan retinol sebagai salah satu bahan dasar utamanya, termasuk produk dari Avoskin. Produk Avoskin retinol terdiri atas berbagai macam jenis skincare, mulai dari toner hingga serum.

Penggunaan retinol memang cukup umum pada produk skincare. Akan tetapi, kandungan ini tergolong cukup keras, sehingga pemakaiannya harus dilakukan seara bijak.

Cara kerja produk Avoskin Retinol pada kulit

Retinol adalah kandungan sejenis retinoid yang terbuat dari vitamin A. Kandungan ini sering digunakan untuk memberikan efek pencegahan jerawat dan anti-aging. Tapi, berbeda dengan kandungan anti-aging dan pencegah jerawat lainnya, retinol masuk jauh lebih dalam ke lapisan kulit Anda. 

Ada beberapa cara retinol dalam bekerja untuk merawat kondisi kulit. Berikut ini penjelasannya:

  • Mengencangkan kulit dengan menangkal radikal bebas

Saat sudah masuk ke lapisan dalam kulit, retinol akan bekerja dengan menetralisir kadar radikal bebas yang menumpuk di kulit. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya produksi elastin dan kolagen, membuat kulit menjadi lebih kencang sehingga garis-garis halus pun dapat tersamarkan.

  • Mengelupas permukaan kulit yang rusak

Bukan hanya bekerja dari dalam, kandungan dalam produk Avoskin retinol juga mampu bekerja dari lapisan luar kulit di saat yang bersamaan. Retinol mampu memberikan efek pengelupasan kulit. Saat kulit sudah terkelupas, maka akan muncul lapisan kulit baru yang lebih cerah, kenyal, dan sehat.

  • Menciptakan agen comedolytic

Agen comedolytic adalah agen yang bekerja dengan mengatasi sumbatan di pori-pori Anda, sehingga mencegah pembentukan komedo yang biasanya akan berujung pada jerawat. Kandungan retinol mampu menciptakan agen ini, sehingga baik untuk mengatasi masalah jerawat di kulit.

  • Menyeimbangkan tingkat hidrasi kulit

Proses pengelupasan kulit biasanya akan membuat kondisi kulit menjadi lebih kering. Untungnya, retinol mampu bekerja dari lapisan kulit untuk memberikan hidrasi tambahan bagi kulit. Dengan begitu, kelembaban kulit pun akan tetap terjaga dan Anda dapat terhindar dari masalah kekeringan kulit.

Perlu diperhatikan, semua efek di atas mungkin tidak bisa langsung dirasakan dalam sekejap. Manfaat pemakaian Avoskin retinol bisa saja baru terasa setelah beberapa minggu atau bulan.

Cara tepat menggunakan produk skincare retinol

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, retinol adalah kandungan yang cukup keras, sehingga pemakaiannya harus dilakukan secara bijak. Berikut ini cara tepat menggunakan produk skincare yang mengandung retinol:

  • Perhatikan usia

Tidak semua orang dari segala golongan usia bisa memakai kandungan retinol. Retinol memiliki efek utama untuk mengatasi kerutan dan tanda-tanda penuaan. Oleh sebab itu, produk Avoskin Retinol sebaiknya digunakan bagi Anda yang sudah berusia 20-an tahun akhir ke atas. 

Retinol sebaiknya tidak digunakan oleh remaja, karena kondisi kulit remaja umumnya belum separah kulit orang-orang yang berusia lebih dewasa. 

  • Jangan digunakan saat sedang hamil

Penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan produk retinol akan memberikan dampak negatif terhadap janin dalam kandungan. Retinol akan menyerang embrio atau janin yang sedang berkembang, sehingga memicu risiko keguguran.

Kebanyakan wanita hamil mengganti pemakaian produk retinol dengan skincare yang mengandung kandungan bakuchiol. Akan tetapi, untuk pemakaian yang lebih aman, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter Anda. 

Anda bisa merasakan manfaat yang maksimal dengan pemakaian produk Avoskin Retinol yang tepat. Sesuaikan jenis produk yang akan Anda gunakan dengan kebutuhan kondisi kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *