Menu Close

Manfaat yang Didapatkan dengan Memberikan Susu UHT untuk Bayi

Manfaat yang Didapatkan dengan Memberikan Susu Uht untuk Bayi

Susu merupakan salah satu superfood yang berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Di antara sekian jenisnya, susu UHT menjadi salah satu yang paling difavoritkan. Memang, susu UHT tergolong praktis, mudah ditemukan, dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Susu jenis ini pun memiliki varian rasa yang berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan dengan selera si Kecil. Susu UHT untuk bayi ini biasanya akan diberikan para Ibu sebagai pengganti ASI maupun pendamping MPASI.

Meski dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, nutrisi yang terkandung dalam susu UHT sama dengan susu biasa. Tidak ada perbedaan signifikan antara jumlah asam lemak dalam susu UHT dengan jumlah asam lemak dalam susu biasa. Bahkan, protein dalam susu UHT lebih mudah dimanfaatkan oleh tubuh jika dibandingkan dengan protein dalam susu murni dan susu pasteurisasi.

Tips memberikan susu UHT untuk bayi

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memberikan susu UHT untuk bayi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi bayi. 

1. Pilih Susu UHT Full cream

Susu UHT full cream kaya akan kandungan lemak. Berbeda dari orang dewasa yang cenderung menghindari konsumsi lemak, anak-anak justru membutuhkan lemak untuk mendukung perkembangan otak.

2. Perhatikan Kemasan

Susu UHT memang mampu tahan lama tanpa masuk lemari pendingin. Namun, ketika sudah dibuka, susu akan cepat menjadi kedaluwarsa. Maka dari itu, pastikan kemasan masih tertutup rapat dan tidak ada bagian yang rusak.

3. Pertimbangkan Ukuran Susu

Ukuran atau volume susu penting disesuaikan dengan usia anak Anda. Pilihlah ukuran atau kemasan susu yang lebih kecil, agar anak mampu menghabiskan dalam sekali minum.

4. Perhatikan Kandungan Susu

Kandungan nutrisi yang penting untuk anak adalah kalsium. Susu UHT umumnya mengandung 300 miligram kalsium. Jumlah tersebut sudah memenuhi 60% kebutuhan kalsium anak dalam sehari. Mikronutrien lain yang perlu diperhatikan adalah kandungan vitamin. Karena pada proses pemanasan UHT, kandungan vitamin sering rusak. Selain itu, perhatikan pula kandungan gula di dalam susu UHT. Jika terlalu tinggi, lebih baik hindari. Sebab, pasokan gula berlebih bisa meningkatkan risiko obesitas, penyakit diabetes, dan kerusakan gigi pada anak.

Manfaat susu UHT

Susu UHT full cream ini memang yang paling direkomendasikan jika ingin memberikan susu UHT untuk bayi. Hal ini karena susu UHT full cream merupakan sumber protein, lemak, kalsium, dan vitamin D yang baik.  Berikut adalah beberapa manfaat susu cair UHT full cream.

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik yang dibutuhkan setiap orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, susu juga bisa menjadi sumber asupan vitamin B12 dan vitamin D yang cukup sulit didapatkan dari makanan lain.

2. Membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi anak

Minum susu erat kaitannya dengan kesehatan tulang dan gigi, apalagi untuk anak-anak. Alasannya adalah karena susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang paling mudah didapatkan. 

3. Menjaga kesehatan tulang hingga mendukung kerja sistem saraf

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh setiap orang. Selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Pada orang dewasa, kekurangan kalsium bisa menyebabkan osteomalasia dan osteoporosis.

4. Sebagai sumber energi

Karena kandungan gizinya tidak berkurang meski sudah melewati proses pasteurisasi, susu cair UHT sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi dan nutrisi bagi Anda sekeluarga dalam melakukan berbagai aktivitas setiap hari.

Pemberian susu UHT untuk bayi tidak akan membahayakan kondisinya dengan catatan diberikan di waktu yang tepat dan sudah dikonsultasikan dengan dokter. Jika ingin melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memberikan susu UHT, Anda bisa melakukannya melalui SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *