Menu Close

Tips Lancar ASI dengan Mooimom untuk Ibu Pekerja

Anda mesti kembali bekerja dan mulai pusing memikirkan apakah masih bisa menyusui si buah hati? Jawabannya, tetap bisa! Menyusui bisa dilakukan secara langsung atau dengan memberikan ASI perah. Bagi ibu pekerja, memiliki perlengkapan dari Mooimom maupun produk lainnya guna bisa memberikan ASI perah kepada si kecil pun menjadi sangat penting. 

Anda hanya perlu memerah ASI guna bisa diberikan pada bayi di rumah. Tentu saja proses memerah bisa dilakukan di mana saja, baik ketika malam hari di rumah ataupun ketika Anda sedang berada di kantor. 

Hanya saja, Anda memerlukan sedikit cara agar proses pemerahan ASI berjalan lancar dan ASI untuk si kecil selalu tersuplai dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda jalankan supaya prose menyusui si kecil tetap lancar, walaupun Anda sudah mulai harus bekerja kembali. 

Siapkan Pompa ASI Elektrik 

Pompa ASI adalah kebutuhan wajib jika Anda ingin memerah ASI sebagai ibu pekerja. Banyak jenis pompa ASI yang bisa Anda temui di pasar. Namun jika ingin menggunakannya secara sering, lebih baik yang berkualitas sekalian. Pompa ASI dari Mooimom pun layak Anda pertimbangkan. Tentunya selain merek, pemilihan pompa ASI untuk ibu pekerja lebih dianjurkan berupa pompa ASI ganda elektrik. Ini tidak akan membuat tangan Anda pegal, sekaligus proses pemerahan akan berlansung lebih cepat dan tidak terlalu mengganggu aktivitas Anda di kantor. 

Pompa dengan Disiplin 

Beberapa keluhan ibu pekerja terkait penyediaan ASI perah adalah produksi ASI yang berkurang. Ini tidak ada hubungannya dengan proses pemerahan yang membuat ASI lebih sedikit dibandingkan menyusui secara lansung. Yang berpengaruh besar terkait produksi ASI adalah kedisiplinan Anda memerah ASI.  Disarankan agar para ibu idealnya memompa setiap 2—3 jam sekali. Biasakan membuat jadwa memompa dan patuhi jadwal tersebut. Pemompaan yang teratur dan sering akan membuat kuantitas ASI terjaga. 

Bawa Selalu Kantong ASI

 Ada dua pilihan untuk penyimpanan ASI perah. Anda bisa menggunakan botol ataupun kantong ASI. Botol kaca memang disebut-sebut lebih baik untuk penyimpanan ASI, tapi pikirkan pula kepraktisan dalam penyimpanan sementara dan proses membawanya. Jika ada ibu pekerja yang terpaksa harus memerah ASI di kantor, lebih baik pilihlah kantong ASI. Wadah ini juga baik untuk menyimpan ASI perah Anda. Kantong ASI dari Mooimom adalah salah satu pilihan terbaik karena kuat, BPA free, dan memiliki zipper ganda yang memastikan ASI perah tidak tumpah ketika dibawa dalam perjalanan. 

Jangan Ketinggalan Kontainer ASI 

Selain kantong ASI, ingat pula untuk selalu membawa kontainer ASI. Ini sangat berguna untuk menyimpan ASI sementara selama Anda di kantor. Masalahnya, ASI perah hanya mampu bertahan hingga 3 jam dalam suhu ruangan. Namun jika Anda menaruhnya dalam container dengan gel ice, ASI perah bisa tahan seharian! Jangan lupa pula untuk segera memindahkan ASI perah ke freezer begitu sampai di rumah. 

Melatih Bayi Menyusu dari Botol 

Jangan sampai anak Anda tidak terbiasa dengan botol susu dan akhirnya menolak minum ASI perah selama Anda di kantor. Ini bisa menimbulkan dehidrasi yang berbahaya bagi sang buah hati. Jadi sebelum mulai kembali bekerja, latihlah si kecil menyusu dari botol. Upayakan mencari botol ASI yang bentuk dotnya menyerupai puting payudara agar nantinya si kecil tidak bingung puting dan tetap mau menyusui langsung kepada Anda. 

Manajemen ASI Perah Itu Penting!

Memberikan ASI perah bukan memerah ASI, menaruhnya dalam freezer, membuka wadah, menuangkannya dalam botol, dan diberikan langsung kepada si kecil ya. Anda juga harus mempertimbangkan manajemen ASI. Soalnya, kandungan ASI tiap saat itu berbeda sesuai kebutuhan tumbuh kembang sang buah hati. Utamakan memberi ASI perah yang terbaru untuk si kecil. Karena itu, penting pula mencatat tanggal dan jam pemerahan ASI. Jika Anda memang sedang berada di rumah, jangan andalkan ASI perah. Menyusui secara langsung tetap lebih baik. 

Anggaplah proses menyusui itu mudah dan jangan menjadikannya beban. Yakinlah usaha memberikan ASI perah dengan perlengkapan mumpuni dari Mooimom dan produk lainnya bisa membuat si kecil selalu mendapatkan haknya akan ASI sampai usia 2 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *